PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA SEMARAK INDONESIA TAHUN 2016 TINGKAT SMA/MA/SMK SE-JAWA TENGAH
1.
KETENTUAN
UMUM
a.
Semarak
Indonesia 2016,
adalah rangkaian kegiatan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meliputi berbagai
perlombaan di bidang Bahasa dan Sastra
Indonesia, yang diselenggarakan oleh Departemen Bakat dan Seni Himpunan
Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.
b.
Lomba
debat bahasa Indonesia adalah bagian dari rangkaian lomba pada
kegiatan Semarak Indonesia.
c.
Peserta adalah tim yang terdiri atas 3
(tiga) pemain dan satu cadangan yang
telah mendaftarkan diri dan tercatat sebagai tim oleh panitia.
d.
Pernyataan topik (mosi) adalah topik yang akan diberikan panitia
untuk diperdebatkan oleh tim.
e.
Setiap pertandingan menggunakan sistem
grup di mana tiap grupnya terdiri atas tiga tim, yaitu tim pendukung, tim
penyanggah, dan tim netral.
f.
Tim pendukung adalah tim yang setuju terhadap pernyataan
topik debat dan bertugas memberikan
argumentasi untuk mendukung pernyataan topik tersebut.
g.
Tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju terhadap pernyataan topik
debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang pernyataan topik
tersebut.
h.
Tim netral adalah tim yang memberikan argumen
pada dua sisi, baik dukungan maupun sanggahan yang disertai dengan kondisi atau
syarat yang menyertainya terhadap suatu pernyataan topik.
i.
Pembicara
adalah salah satu tim yang sedang memaparkan argumennya.
j.
Moderator
adalah salah satu panitia yang bertugas memfasilitasi jalannya perdebatan,
sekaligus mengawasi jalannya lomba.
k.
Pencatat
waktu adalah salah satu panitia yang bertugas mengawasi alur waktu dalam perdebatan.
l.
Dewan
juri adalah pihak yang mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian sesuai dengan
kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba.
m.
Penilaian
adalah hasil pengamatan dewan juri terhadap jalannya perlombaan
dengan memperhatikan kriteria yang
telah ditetapkan panitia, penilaian berbentuk skor yang diberikan selama debat berlangsung.
n.
Evaluasi
verbal adalah pertimbangan-pertimbangan penilaian dewan juri mengenai hasil debat yang disampaikan secara verbal
setelah
babak perdebatan selesai.
o.
Penyusunan
argumen adalah waktu yang diberikan pada tim sebelum debat dimulai untuk
mempersiapkan materi serta argumen yang akan diperdebatkan.
p.
Pendukung
adalah pihak selain tim dan panitia yang hadir bersama tim berdasarkan persetujuan panitia.
2. PENDAFTARAN
a.
Kontribusi setiap tim adalah Rp
200.000,00.
b.
Masa
pendaftaran dimulai pada Senin, 3 Oktober 2016 s.d Rabu,
2 November 2016.
c.
Pendaftaran
lomba:
1)
Pendaftaran
bertempat di sekretariat Semarak Indonesia, PKM Hima Bahasa dan Sastra
Indonesia pada hari Senin s.d. Jumat pukul
09.00-16.00 WIB atau dapat juga mendaftar melalui nomor sekretariat
Semarak Indonesia di 085641656031
Nurul Fitrotul Aimatul Khoiri.
2)
Tempat pembayaran langsung di PKM Hima Bahasa dan Sastra Indonesia
kompleks PKM FBS kampus Unnes Sekaran, Gunungpati setiap hari Senin s.d.
Jumat pada jam kerja pukul 09.00-16.00 WIB atau transfer melalui rekening
BNI dengan nomor rekening 0349565523 atas
nama Tunasih Eka Putri (apabila melakukan transaksi melalui bank,
pada slip pembayaran, di bagian keterangan diharapkan menuliskan nama
pendaftar, mata lomba, dan asal sekolah. Atau bisa meminta kepada teller untuk
menuliskan keterangan tersebut pada slip pembayaran). Setelah melakukan
pembayaran, diharapkan konfirmasi ke nomor sekretariat Semarak Indonesia 085740724975
dengan format: Mata Lomba_Nama Sekolah_Atas Nama Rekening _Nominal.
Contoh: Lomba Debat_SMA Negeri 1 Semarang_
Rahma Ayu Pratiwi_80
3.
PETUNJUK
PELAKSANAAN
Lomba
dilaksanakan pada:
hari,
tanggal : Sabtu, 5 November 2016
waktu : 07.30 WIB s.d. selesai
tempat : gedung B1 FBS Unnes
4. PETUNJUK TEKNIS
a.
Tim lomba merupakan siswa-siswi SMA/ MA/ SMK se-Jawa Tengah.
b.
Setiap
sekolah hanya diperkenankan mendelegasikan satu tim. Tiap tim terdiri
atas tiga orang tim dan satu orang guru pendamping.
c. Tim hadir pukul 07.15 WIB di gedung B1 ruang 106 FBS Unnes untuk daftar ulang
dan menunjukan bukti pendaftaran atau bukti pembayaran (jika melakukan
pembayaran melalui Bank).
d. Tim wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh
panitia.
e. Tim wajib mengenakan nomor urut tim yang disediakan oleh
panitia.
f.
Urutan
penampilan lomba ditentukan berdasarkan hasil undian yang telah dilaksanakan
panitia pada saat daftar ulang.
g. Tim harus hadir di ruang perlombaan 15 menit sebelum
acara dimulai.
h. Tim yang dipanggil tiga kali, tetapi tidak menampakkan diri tanpa keterangan yang jelas dianggap gugur.
i.
Tim
akan mendapatkan nomor dada pada saat melakukan daftar ulang.
j.
Setiap
tim berhak mendapat sertifikat. Bagi pemenang juara I, II, dan III akan mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang pembinaan.
A. SISTEMATIKA LOMBA
Lomba terdiri atas 3 (tiga) babak pertandingan, yaitu
a.
Babak
Penyisihan
b.
Babak
Semifinal
c.
Babak
Final
a) Babak
Penyisihan
1)
Babak
penyisihan terdiri atas 1 (satu) kali pertandingan debat.
2)
Panitia
akan mengumumkan lawan dari tiap-tiap tim sebelum pertandingan
dimulai.
3)
Tim dengan nilai tertinggi pada tiap grup dapat melanjutkan ke babak semifinal.
b) Babak
Semifinal
1)
Tim yang lolos dari babak penyisihan akan kembali bertanding di babak
semifinal.
2)
Urutan lawan akan ditentukan berdasarkan urutan
nilai.
3)
Tiap
tim pemenang pertandingan pada babak ini dapat melanjutkan lomba ke babak
final.
c) Babak
Final
1)
Tim yang lolos dari babak semifinal akan kembali bertanding di babak final. Adapun
tiga tim yang lolos ini ialah pemenang tiap grup.
2)
Pemenang (juara I, juara II, dan juara
III) ditentukan berdasarkan urutan nilai tertinggi.
B. SISTEM LOMBA
1)
Tema debat adalah “Generasi Muda yang Peduli Bangsa dengan
Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia”
2)
Sistem
debat yang digunakan dalam lomba ini adalah sistem debat
nusantara mulai dari babak
penyisihan sampai dengan babak final.
3)
Pilihan pernyataan topik akan ditentukan melalui undian.
4)
Pada setiap pertandingan akan terdapat 3 (tiga) tim, yang akan terbagi menjadi tim pendukung, tim penyanggah, dan tim netral.
5)
Tim pendukung memiliki tugas sebagai
berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Memberikan argumen pendukung terhadap pernyataan topik yang didukung oleh
teori, data, dan fakta.
-
Memberikan respons balik terhadap argumen sanggahan yang diberikan pihak
penyanggah dan menguatkan argumen pendukung terhadap pernyataan topik dengan
memberi bukti atau contoh.
-
Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
6)
Tim penyanggah
memiliki tugas sebagai berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Memberikan argumen sanggahan terhadap pernyataan topik yang didukung oleh
teori, data, dan fakta.
-
Memberikan respons balik terhadap argumen pihak pendukung berupa kritik
dan saran.
-
Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
7)
Tim netral
memiliki tugas sebagai berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Menyampaikan
analisis terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung maupun pihak
penyanggah.
-
Menyampaikan
pertanyaan kepada pihak pendukung maupun pihak penyanggah.
-
Menyampaikan
simpulan terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung dan pihak
penyanggah.
8)
Penentuan
tim pendukung,
tim penyanggah, dan tim netral akan dilakukan sebelum pertandingan dimulai.
9)
Tiap-tiap
tim memiliki tiga pembicara.
10)
Ketiga
pembicara terdiri atas pembicara pertama, pembicara kedua, dan pembicara
ketiga.
C. MEKANISME DEBAT
a.
Babak
Penyisihan, Semifinal, dan Final
1)
Tim
diberi waktu 22 (dua
puluh dua) menit untuk melakukan penyusunan argumen setelah pengumuman
pernyataan topik diumumkan panitia. Pada saat penyusunan argumen, tiap-tiap tim
tidak diperkenankan membuka buku referensi, catatan,
majalah, menggunakan
perangkat elektronik dalam bentuk apapun untuk berkomunikasi, bekerja sama
dengan pihak luar dan atau menjelajah internet pada saat penyusunan argumen dan
debat berlangsung.
2)
Alur debat diatur sebagai berikut.
a.
Masing-masing tim menyampaikan salam perkenalan
beserta yel selama 1 menit.
b.
Tim pendukung menyampaikan argumennya
selama 3 menit.
c.
Tim penyanggah menanggapi selama 3 menit.
d.
Tanggapan dari tim pendukung selama 2
menit.
e.
Tanggapan dari tim penyanggah selama 2
menit.
f.
Tim netral menanggapi dan menyampaikan
pertanyaan kepada tim pendukung selama 2 menit.
g.
Tim pendukung menanggapi selama 2 menit.
h.
Tim netral menanggapi dan menyampaikan
pertanyaan kepada tim penyanggah selama 2 menit.
i.
Tim penyanggah menanggapi selama 2 menit.
j.
Debat ditutup dengan analisis dan simpulan
yang disampaikan oleh tim netral selama 3 menit.
k.
Adapun ketentuan waktu debat sebagai berikut.
a)
Penghitung waktu mengetuk satu kali sebagai tanda bahwa
penyampaian argumen telah berlangsung selama 2 menit,
dan dua kali ketukan sebagai tanda waktu telah selesai
dan tim harus menghentikan argumennya.
3)
Jika
pembicara masih tetap memaparkan argumennya sementara waktu yang diberikan telah habis, argumen tersebut tidak akan
dinilai oleh Dewan Juri.
5.
PENILAIAN
1. Penilaian juri didasarkan pada tiga aspek.
a.
Penguasaan materi
1.
Pemenuhan
kriteria posisi
2.
Pemenuhan
argumen
3.
Kelengkapan
materi
4.
Penggunaan
sumber/rujukan
b.
Penguasaan
Kebahasaan
1.
Ketepatan tata
bahasa
2.
Ketepatan bentuk
dan pilihan kata
3.
Penggunaan gaya
bahasa
4.
Keruntutan
informasi
c.
Penyajian Materi
1.
Kepercayaan diri
2.
Kerjasama
anggota tim
3.
Kesopanan dan
kesantunan
2.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
6.
PENJURIAN
1)
Dewan
juri terdiri atas dosen dan praktisi Bahasa
Indonesia.
2)
Semua
perdebatan dalam lomba ini akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
3)
Putusan
dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
4)
Penjurian
akan dilakukan dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu penguasaan
materi, penguasaan kebahasaan, dan penyajian materi.
5)
Dewan
juri memiliki waktu 10 menit (sepuluh) menit untuk memberikan penilaian
dan keputusan pada tiap akhir babak pertandingan debat.
6)
Selama
dewan
juri melakukan penilaian,
tim dipersilakan menunggu di luar ruangan pertandingan.
7)
Dewan
juri dapat memberikan evaluasi verbal selama maksimal 5
(lima) menit setelah menentukan pemenang.
8)
Evaluasi
verbal sebagaimana dimaksud dalam butir (7) hanya diberikan pada babak penyisihan
dan semifinal.
9)
Jika tim ingin meminta evaluasi verbal lebih lanjut, dapat meminta secara
personal ke Juri di luar waktu yang dialokasikan.
7.
PERNYATAAN
TOPIK
a.
Daftar
pernyataan topik untuk tim akan diberikan pada tanggal 19
Oktober 2016 di http://bsi-unnes.blogspot.com.
b.
Pernyataan
topik akan diambil dari daftar pernyataan topik.
c.
Pada
babak semifinal
dan babak final menggunakan pernyataan
topik impromtu (serta-merta).
d.
Pernyataan
topik yang telah ditentukan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
8.
TATA
TERTIB
a.
Umum
1)
Pakaian tim adalah seragam OSIS lengkap dan bersepatu.
2)
Setiap
tim wajib hadir 15 menit sebelum pertandingan dimulai untuk melakukan pendaftaran ulang.
3)
Tim
hadir pukul 07.00 WIB di Gedung B1 106 FBS-Unnes untuk daftar ulang dan
persiapan lomba dengan menunjukan bukti pendaftaran/bukti penyetoran (jika
melakukan pembayaran melalui bank).
4)
Tim
wajib menandatangani daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
5)
Tim wajib mengikuti upacara pembukaan lomba.
6)
Tim wajib
mengikuti seluruh acara lomba debat Bahasa Indonesia.
7)
Seluruh
perlombaan dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
8)
Setiap
tim dilarang menggunakan perangkat elektronik
maupun buku referensi selama
penyusunan argumen dan debat berlangsung.
9)
Setiap
tim dilarang berkomunikasi mengenai pernyataan topik dalam
bentuk apapun dengan pihak lain diluar rekan timnya selama penyusunan argumen.
10) Setiap tim yang terbukti melanggar ketentuan butir (5), (6) dan (7) akan didiskualifikasi dalam
pertandingan babak tersebut.
11) Setiap tim harus memberitahukan urutan pembicara dalam
memaparkan argumen kepada moderator sebelum pertandingan dimulai.
b.
Tata
Tertib Tim Selama Pertandingan
1)
Setiap
tim dilarang melakukan serangan secara pribadi terhadap tim lainnya selama
pertandingan.
2)
Setiap
tim dilarang menggunakan bahasa kasar, tidak senonoh, dan atau mengandung unsur SARA.
3)
Setiap
tim dilarang melakukan tindakan yang dapat mengganggu konsentrasi tim lain
selama pertandingan.
4)
Anggota
tim pembicara dapat memberikan sinyal kepada pembicara yang sedang memaparkan
argumen sepanjang sinyal tersebut tidak mengganggu jalannya perdebatan.
5)
Pembicara
dilarang berkomunikasi verbal dengan rekan timnya selama memaparkan argumennya.
6)
Selama
pertandingan berlangsung, tim yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk
melakukan diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan.
7)
Tim
tidak diperkenankan menyampaikan interupsi selama debat berlangsung.
8)
Pelanggaran
terhadap ketentuan di atas mengakibatkan pengurangan skor.
c.
Pendukung
1)
Jumlah
pendukung tim yang diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya pertandingan
sebanyak-banyaknya adalah 5 (lima) orang.
2)
Pendukung
dilarang mengganggu jalannya pertandingan.
3)
Pendukung
dilarang keluar masuk ruangan lomba, sepanjang pembicara sedang memaparkan
argumennya.
4)
Pendukung
yang melanggar ketentuan ayat (2), (3), dan (4) akan diberikan peringatan
hingga dua kali, jika peringatan diabaikan maka pendukung tersebut akan
dikeluarkan dari ruangan lomba.
9.
KETENTUAN
PENUTUP
Peraturan
ini berlaku dan mengikat seluruh tim sejak ditetapkan.
10. INFORMASI LEBIH LANJUT
Untuk informasi lebih lanjut:
1.
Facebook : Hima BSI Unnes
2.
Twitter : @HimaBSI Unnes
3.
Nurul Fitrotul A.K : 085641656031
4.
Blog : bsi-unnes.blogspot.co.id
5.
Email
Hima : himabsiunnes@gmail.com
*Untuk mengunduh petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Lomba Debat klik di sini
Komentar
Posting Komentar