PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA SEMARAK INDONESIA TAHUN 2016 TINGKAT SMA/MA/SMK SE-JAWA TENGAH


1.      KETENTUAN UMUM
a.       Semarak Indonesia 2016, adalah rangkaian kegiatan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meliputi berbagai perlombaan di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia, yang diselenggarakan oleh Departemen Bakat dan Seni Himpunan Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.
b.         Lomba debat bahasa Indonesia adalah bagian dari rangkaian lomba pada kegiatan Semarak Indonesia.
c.         Peserta adalah tim yang terdiri atas 3 (tiga) pemain dan satu cadangan yang telah mendaftarkan diri dan tercatat sebagai tim oleh panitia.
d.         Pernyataan topik (mosi) adalah topik yang akan diberikan panitia untuk diperdebatkan oleh tim.
e.         Setiap pertandingan menggunakan sistem grup di mana tiap grupnya terdiri atas tiga tim, yaitu tim pendukung, tim penyanggah, dan tim netral.
f.          Tim pendukung adalah tim yang setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk mendukung pernyataan topik tersebut.
g.         Tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang pernyataan topik tersebut.
h.         Tim netral adalah tim yang memberikan argumen pada dua sisi, baik dukungan maupun sanggahan yang disertai dengan kondisi atau syarat yang menyertainya terhadap suatu pernyataan topik.
i.           Pembicara adalah salah satu tim yang sedang memaparkan argumennya.
j.           Moderator adalah salah satu panitia yang bertugas memfasilitasi jalannya perdebatan, sekaligus mengawasi jalannya lomba.
k.         Pencatat waktu adalah salah satu panitia yang bertugas mengawasi alur waktu dalam perdebatan.
l.           Dewan juri adalah pihak yang mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba.
m.       Penilaian adalah hasil pengamatan dewan juri terhadap jalannya perlombaan dengan memperhatikan kriteria yang telah ditetapkan panitia, penilaian berbentuk skor yang diberikan selama debat berlangsung.
n.         Evaluasi verbal adalah pertimbangan-pertimbangan penilaian dewan juri mengenai hasil debat yang disampaikan secara verbal setelah babak perdebatan selesai.
o.         Penyusunan argumen adalah waktu yang diberikan pada tim sebelum debat dimulai untuk mempersiapkan materi serta argumen yang akan diperdebatkan.
p.         Pendukung adalah pihak selain tim dan panitia yang hadir bersama tim berdasarkan persetujuan panitia.

2.      PENDAFTARAN
a.         Kontribusi setiap tim adalah Rp 200.000,00.
b.         Masa pendaftaran dimulai pada Senin, 3 Oktober 2016 s.d Rabu, 2 November 2016.
c.         Pendaftaran lomba:
1)        Pendaftaran bertempat di sekretariat Semarak Indonesia, PKM Hima Bahasa dan Sastra Indonesia pada hari Senin s.d. Jumat pukul 09.00-16.00 WIB atau dapat juga mendaftar melalui nomor sekretariat Semarak Indonesia di 085641656031 Nurul Fitrotul Aimatul Khoiri.
2)        Tempat pembayaran langsung di PKM Hima Bahasa dan Sastra Indonesia kompleks PKM FBS kampus Unnes Sekaran, Gunungpati setiap hari Senin s.d. Jumat pada jam kerja pukul 09.00-16.00 WIB atau transfer melalui rekening BNI dengan nomor rekening 0349565523 atas nama Tunasih Eka Putri (apabila melakukan transaksi melalui bank, pada slip pembayaran, di bagian keterangan diharapkan menuliskan nama pendaftar, mata lomba, dan asal sekolah. Atau bisa meminta kepada teller untuk menuliskan keterangan tersebut pada slip pembayaran). Setelah melakukan pembayaran, diharapkan konfirmasi ke nomor sekretariat Semarak Indonesia 085740724975 dengan format: Mata Lomba_Nama Sekolah_Atas Nama Rekening _Nominal. Contoh: Lomba  Debat_SMA Negeri 1 Semarang_ Rahma Ayu Pratiwi_80

3.      PETUNJUK PELAKSANAAN
Lomba dilaksanakan pada:
      hari, tanggal    : Sabtu, 5 November 2016
            waktu              : 07.30 WIB s.d. selesai
            tempat             : gedung B1 FBS Unnes

4.      PETUNJUK TEKNIS
a.       Tim lomba merupakan siswa-siswi SMA/ MA/ SMK se-Jawa Tengah.
b.      Setiap sekolah hanya diperkenankan mendelegasikan satu tim. Tiap tim terdiri atas tiga orang tim dan satu orang guru pendamping.
c.       Tim hadir pukul 07.15 WIB di gedung B1 ruang 106 FBS Unnes untuk daftar ulang dan menunjukan bukti pendaftaran atau bukti pembayaran (jika melakukan pembayaran melalui Bank).
d.      Tim wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
e.       Tim wajib mengenakan nomor urut tim yang disediakan oleh panitia.
f.        Urutan penampilan lomba ditentukan berdasarkan hasil undian yang telah dilaksanakan panitia pada saat daftar ulang.
g.      Tim harus hadir di ruang perlombaan 15 menit sebelum acara dimulai.
h.      Tim yang dipanggil tiga kali, tetapi tidak menampakkan diri tanpa keterangan yang jelas dianggap gugur.
i.        Tim akan mendapatkan nomor dada pada saat melakukan daftar ulang.
j.        Setiap tim berhak mendapat sertifikat. Bagi pemenang juara I, II, dan III akan mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang pembinaan.


A. SISTEMATIKA LOMBA
Lomba terdiri atas 3 (tiga) babak pertandingan, yaitu
a.       Babak Penyisihan
b.      Babak Semifinal
c.       Babak Final

a)      Babak Penyisihan
1)      Babak penyisihan terdiri atas 1 (satu) kali pertandingan debat.
2)      Panitia akan mengumumkan lawan dari tiap-tiap tim sebelum pertandingan dimulai.
3)      Tim dengan nilai tertinggi pada tiap grup dapat melanjutkan ke babak semifinal.

b)     Babak Semifinal
1)      Tim yang lolos dari babak penyisihan akan kembali bertanding di babak semifinal.
2)      Urutan lawan akan ditentukan berdasarkan urutan nilai.
3)      Tiap tim pemenang pertandingan pada babak ini dapat melanjutkan lomba ke babak final.

c)      Babak Final
1)      Tim yang lolos dari babak semifinal akan kembali bertanding di babak final. Adapun tiga tim yang lolos ini ialah pemenang tiap grup.
2)      Pemenang (juara I, juara II, dan juara III) ditentukan berdasarkan urutan nilai tertinggi.




B. SISTEM LOMBA
1)      Tema debat adalah  “Generasi Muda yang Peduli Bangsa dengan Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia”
2)      Sistem debat yang digunakan dalam lomba ini adalah sistem debat nusantara mulai dari babak penyisihan sampai dengan babak final.
3)      Pilihan pernyataan topik akan ditentukan melalui undian.
4)      Pada setiap pertandingan akan terdapat 3 (tiga) tim, yang akan terbagi menjadi tim pendukung, tim penyanggah, dan tim netral.
5)      Tim pendukung memiliki tugas sebagai berikut.
-          Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan serta disertai dengan yel-yel.
-          Memberikan argumen pendukung terhadap pernyataan topik yang didukung oleh teori, data, dan fakta.
-          Memberikan respons balik terhadap argumen sanggahan yang diberikan pihak penyanggah dan menguatkan argumen pendukung terhadap pernyataan topik dengan memberi bukti atau contoh.
-          Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
6)      Tim penyanggah memiliki tugas sebagai berikut.
-          Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan serta disertai dengan yel-yel.
-          Memberikan argumen sanggahan terhadap pernyataan topik yang didukung oleh teori, data, dan fakta.
-          Memberikan respons balik terhadap argumen pihak pendukung berupa kritik dan saran.
-          Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
7)      Tim netral memiliki tugas sebagai berikut.
-          Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan serta disertai dengan yel-yel.
-          Menyampaikan analisis terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung maupun pihak penyanggah.
-          Menyampaikan pertanyaan kepada pihak pendukung maupun pihak penyanggah.
-          Menyampaikan simpulan terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung dan pihak penyanggah.
8)      Penentuan tim pendukung, tim penyanggah, dan tim netral akan dilakukan sebelum pertandingan dimulai.
9)      Tiap-tiap tim memiliki tiga pembicara.
10)  Ketiga pembicara terdiri atas pembicara pertama, pembicara kedua, dan pembicara ketiga.

C. MEKANISME DEBAT
a.      Babak Penyisihan, Semifinal, dan Final
1)      Tim diberi waktu 22 (dua puluh dua) menit untuk melakukan penyusunan argumen setelah pengumuman pernyataan topik diumumkan panitia. Pada saat penyusunan argumen, tiap-tiap tim tidak diperkenankan membuka buku referensi, catatan,  majalah, menggunakan perangkat elektronik dalam bentuk apapun untuk berkomunikasi, bekerja sama dengan pihak luar dan atau menjelajah internet pada saat penyusunan argumen dan debat berlangsung.
2)      Alur debat diatur sebagai berikut.
a.       Masing-masing tim menyampaikan salam perkenalan beserta yel selama 1 menit.
b.      Tim pendukung menyampaikan argumennya selama 3 menit.
c.       Tim penyanggah menanggapi selama 3 menit.
d.      Tanggapan dari tim pendukung selama 2 menit.
e.       Tanggapan dari tim penyanggah selama 2 menit.
f.        Tim netral menanggapi dan menyampaikan pertanyaan kepada tim pendukung selama 2 menit.
g.      Tim pendukung menanggapi selama 2 menit.
h.      Tim netral menanggapi dan menyampaikan pertanyaan kepada tim penyanggah selama 2 menit.
i.        Tim penyanggah menanggapi selama 2 menit.
j.        Debat ditutup dengan analisis dan simpulan yang disampaikan oleh tim netral selama 3 menit.
k.      Adapun ketentuan waktu debat sebagai berikut.
a)      Penghitung waktu mengetuk satu kali sebagai tanda bahwa penyampaian argumen telah berlangsung selama 2 menit, dan dua kali ketukan sebagai tanda waktu telah selesai dan tim harus menghentikan argumennya.
3)      Jika pembicara masih tetap memaparkan argumennya sementara waktu yang diberikan  telah habis, argumen tersebut tidak akan dinilai oleh Dewan Juri.

5.      PENILAIAN
1.      Penilaian juri didasarkan pada tiga aspek.
a.       Penguasaan materi
1.      Pemenuhan kriteria posisi
2.      Pemenuhan argumen
3.      Kelengkapan materi
4.      Penggunaan sumber/rujukan
b.      Penguasaan Kebahasaan
1.      Ketepatan tata bahasa
2.      Ketepatan bentuk dan pilihan kata
3.      Penggunaan gaya bahasa
4.      Keruntutan informasi
c.       Penyajian Materi
1.      Kepercayaan diri
2.      Kerjasama anggota tim
3.      Kesopanan dan kesantunan
2.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.



6.      PENJURIAN
1)        Dewan juri terdiri atas dosen dan praktisi Bahasa Indonesia.
2)        Semua perdebatan dalam lomba ini akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
3)        Putusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
4)        Penjurian akan dilakukan dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu penguasaan materi, penguasaan kebahasaan, dan penyajian materi.
5)        Dewan juri memiliki waktu 10 menit  (sepuluh) menit untuk memberikan penilaian dan keputusan pada tiap akhir babak pertandingan debat.
6)        Selama dewan  juri melakukan penilaian, tim dipersilakan menunggu di luar ruangan pertandingan.
7)        Dewan juri dapat memberikan evaluasi verbal selama maksimal 5 (lima) menit setelah menentukan pemenang.
8)        Evaluasi verbal sebagaimana dimaksud dalam butir (7) hanya diberikan pada babak penyisihan dan semifinal.
9)        Jika tim ingin meminta evaluasi verbal lebih lanjut, dapat meminta secara personal ke Juri di luar waktu yang dialokasikan.

7.      PERNYATAAN TOPIK
a.       Daftar pernyataan topik untuk tim akan diberikan pada tanggal 19 Oktober 2016 di http://bsi-unnes.blogspot.com.
b.      Pernyataan topik akan diambil dari daftar pernyataan topik.
c.       Pada babak semifinal dan babak final menggunakan pernyataan topik impromtu (serta-merta).
d.      Pernyataan topik yang telah ditentukan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

8.      TATA TERTIB
a.      Umum
1)      Pakaian tim adalah seragam OSIS lengkap dan bersepatu.
2)      Setiap tim wajib hadir 15 menit sebelum pertandingan dimulai untuk melakukan pendaftaran ulang.
3)      Tim hadir pukul 07.00 WIB di Gedung B1 106 FBS-Unnes untuk daftar ulang dan persiapan lomba dengan menunjukan bukti pendaftaran/bukti penyetoran (jika melakukan pembayaran melalui bank).
4)      Tim wajib menandatangani daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
5)      Tim wajib mengikuti upacara pembukaan lomba.
6)      Tim wajib mengikuti seluruh acara lomba debat Bahasa Indonesia.
7)      Seluruh perlombaan dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
8)      Setiap tim dilarang menggunakan perangkat elektronik maupun buku referensi selama penyusunan argumen dan debat berlangsung.
9)      Setiap tim dilarang berkomunikasi mengenai pernyataan topik dalam bentuk apapun dengan pihak lain diluar rekan timnya selama penyusunan argumen.
10)  Setiap tim yang terbukti melanggar ketentuan butir (5), (6) dan (7) akan didiskualifikasi dalam pertandingan babak tersebut.
11)  Setiap tim harus memberitahukan urutan pembicara dalam memaparkan argumen kepada moderator sebelum pertandingan dimulai.

b.      Tata Tertib Tim Selama Pertandingan
1)      Setiap tim dilarang melakukan serangan secara pribadi terhadap tim lainnya selama pertandingan.
2)      Setiap tim dilarang menggunakan bahasa kasar, tidak senonoh, dan atau mengandung unsur SARA.
3)      Setiap tim dilarang melakukan tindakan yang dapat mengganggu konsentrasi tim lain selama pertandingan.
4)      Anggota tim pembicara dapat memberikan sinyal kepada pembicara yang sedang memaparkan argumen sepanjang sinyal tersebut tidak mengganggu jalannya perdebatan.
5)      Pembicara dilarang berkomunikasi verbal dengan rekan timnya selama memaparkan argumennya.
6)      Selama pertandingan berlangsung, tim yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk melakukan diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan.
7)      Tim tidak diperkenankan menyampaikan interupsi selama debat berlangsung.
8)      Pelanggaran terhadap ketentuan di atas mengakibatkan pengurangan skor.

c.       Pendukung
1)      Jumlah pendukung tim yang diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya pertandingan sebanyak-banyaknya adalah 5 (lima) orang.
2)      Pendukung dilarang mengganggu jalannya pertandingan.
3)      Pendukung dilarang keluar masuk ruangan lomba, sepanjang pembicara sedang memaparkan argumennya.
4)      Pendukung yang melanggar ketentuan ayat (2), (3), dan (4) akan diberikan peringatan hingga dua kali, jika peringatan diabaikan maka pendukung tersebut akan dikeluarkan dari ruangan lomba.

9.      KETENTUAN PENUTUP
            Peraturan ini berlaku dan mengikat seluruh tim sejak ditetapkan.

10. INFORMASI LEBIH LANJUT
Untuk informasi lebih lanjut:
1.      Facebook                          : Hima BSI Unnes
2.      Twitter                             : @HimaBSI Unnes
3.      Nurul Fitrotul A.K           : 085641656031
4.      Blog                                 : bsi-unnes.blogspot.co.id
5.      Email Hima                      : himabsiunnes@gmail.com



*Untuk mengunduh petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Lomba Debat klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Juknis Lomba Mendongeng Semarak Indonesia 2015

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA BACA PUISI BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/MA/SMK SE-JAWA TENGAH TAHUN 2016

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS LOMBA MENDONGENG TINGKAT SMP/MTs SE-JAWA TENGAH TAHUN 2016