Juklak Juknis Lomba OIM Semarak Indonesia 2015

PETUNJUK TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN
OLIMPIADE ILMIAH MAHASISWA 2015
TINGKAT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

1. KETENTUAN UMUM
a.       Semarak Indonesia 2015 adalah rangkaian kegiatan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meliputi berbagai perlombaan di bidang bahasa dan sastra Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Bakat dan Seni Himpunan Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.

b.      OIM (Olimpiade Ilmiah Mahasiswa) adalah bagian dari rangkaian lomba pada kegiatan Semarak Indonesia.
c.       Peserta adalah mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dan tercatat sebagai peserta oleh panitia.
d.      Dewan juri adalah pihak yang berwenangan untuk memberikan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba.
e.       Penilaian adalah hasil pengamatan dewan juri terhadap karya ilmiah yang ditampilkan peserta berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan panitia, hasil pengamatan ini berbentuk skor yang diberikan setelah presentasi karya ilmiah berlangsung.

2.  KETENTUAN KHUSUS
a.     Peserta adalah mahasiswa aktif dan terdaftar pada Universitas Negeri Semarang, dibuktikan melalui kartu mahasiswa yang masih berlaku.
b.      Olimpiade Ilmiah Mahasiswa menggunakan karya ilmiah lima bidang, yaitu kewirausahaan, penelitian, pengabdian masyarakat, teknologi, dan karsa cipta.
c.       Karya yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah karya asli dari penulis atau tim sendiri.
d.      Karya tulis ilmiah yang dilombakan tidak diperkenankan karya ilmiah yang sudah mendapatkan penghargaan dan masuk pimnas.
3. PENDAFTARAN
a.    Peserta lomba adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang masih aktif.
b.    Jumlah peserta satu tim terdiri atas tiga orang dengan didampingi satu dosen pembimbing.
c.    Salah satu anggota tim harus dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, sedangkan dosen pembimbing boleh berasal dari jurusan lain.
d.   Khusus untuk panitia, diperbolehkan ikut dengan ketentun tidak boleh menjadi ketua dan hanya mengikuti satu bidang.
e.    Peserta mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi langsung di PKM Hima BSI gedung PKM FBS Unnes pada hari Senin s.d. Minggu pukul 09.00 s.d 16.00 WIB.
f.     Peserta yang sudah mendaftar wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,00 di PKM Hima BSI gedung PKM FBS Unnes.
g.    Pendaftaran dan pembayaran paling lambat tanggal 3 November 2015 pukul 16.00 WIB di PKM Hima BSI gedung PKM FBS Unnes.
h.    Pendaftaran dibuka pada Rabu, 7 Oktober 2015 s.d. Rabu, 4 November 2015.

4. PETUNJUK PELAKSANAAN
a.    Finalis merupakan sepuluh (10) karya terbaik.
b.    Pengumuman sepuluh (10) karya terbaik dilakukan pada Selasa, 10 November  2015 pukul 17.00 WIB melalui papan  pengumuman dan blog Hima BSI Unnes.
c.    Sepuluh karya terbaik akan dipresentasikan pada waktu yang telah ditentukan dan diambil 3 terbaik dengan rincian sebagai berikut,
a)      Juara I
b)      Juara II
c)      Juara III
Lomba dilaksanakan pada:
hari, tanggal            : Minggu, 15 November 2015
waktu                      : Pukul 07.30 WIB s.d. selesai
tempat                    : Ruang Setengah Bundar Dekanat FBS-Unnes
5. PETUNJUK TEKNIS
a.       Peserta lomba merupakan mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang telah mendaftar sebagai peserta Semarak Indonesia.
b.      Peserta wajib menyerahkan satu naskah asli dan tiga salinan naskah.
c.       Peserta menyerahkan naskah paling lambat pada Selasa, 4 November 2015 pukul 17.00 WIB tempat PKM Hima BSI FBS Unnes.
d.      Peserta wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
e.       Peserta wajib mengenakan nomor urut peserta yang disediakan oleh panitia.
f.       Urutan penampilan lomba ditentukan berdasarkan hasil undian yang telah dilaksanakan panitia pada saat daftar ulang.
g.      Peserta yang dipanggil tiga kali, tetapi tidak menampilkan diri tanpa keterangan yang jelas dianggap gugur.
h.      Peserta akan mendapatkan nomor dada pada saat melakukan daftar ulang.
i.        Setiap peserta berhak mendapat sertifikat. Bagi pemenang juara I, II, dan III akan mendapatkan trofi, sertifikat, dan uang pembinaan.

6. SISTEMATIKA LOMBA
a. Pengumpulan naskah OIM dari  Rabu, 7 Oktober 2015 s.d. Rabu, 4 November 2015 di PKM Hima BSI, paling lambat pukul 17.00 WIB.
b. Pengumuman sepuluh (10) karya terbaik dilakukan pada Selasa, 10 November 2015 pukul 15.00 WIB melalui papan pengumuman dan blog Hima BSI Unnes.
c. Pelaksanaan lomba dilakukan pada Minggu, 15 November 2015 pukul 07.30 WIB di Ruang Setengah Bundar Dekanat FBS-Unnes.
d. Presentasi diberi waktu 20 menit dengan rincian:
a)      10 menit presentasi
b)      10 menit tanya jawab
e. Peserta mempersiapkan media presentasi berupa program Microsoft Office Powerpoint atau media pendukung lainnya dan disimpan dalam flashdisk.


7.  PENILAIAN
     Penilaian juri didasarkan pada empat aspek :
a.       Format penilaian
b.      Gagasan
c.       Sumber informasi
d.      Simpulan

8. PENJURIAN
a. Penjurian babak penyisihan
1) Seluruh karya tulis ilmiah dari tiap tim disisihkan menjadi 10 karya tulis ilmiah  terbaik.
2) Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
b. Penjurian presentasi
1) Dewan juri terdiri atas tiga orang yang berlatarbelakang praktisi dan akademisi yang kompeten dan komposisinya telah ditentukan oleh panitia.
2) Selama Dewan Juri melakukan penilaian, peserta dipersilakan menunggu di luar ruangan pertandingan.
3) Dewan Juri dapat memberikan evaluasi verbal selama maksimal 10 (sepuluh) menit setelah menentukan pemenang.
4) Jika peserta ingin meminta evaluasi verbal lebih lanjut, dapat meminta secara personal ke Juri di luar waktu yang dialokasikan.
5) Semua presentasi karya tulis dalam lomba ini akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
6) Keputusan dewan juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

9. KETENTUAN DAN SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH
a.      Ketentuan Naskah
a)        Naskah diketik rapi pada kertas A4, Times New Roman 12pt, dan spasi 1,15 kecuali ringkasan hanya satu spasi.
b)        Margin atas 3 cm, kiri 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm.
c)        Naskah ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman (belum termasuk lampiran).
d)        Dijilid rapi dengan warna sampul sesuai ketentuan.
e)         Sampul menggunakan kertas buffalo tanpa mika.

2.    Sistematika Penulisan
a)      Bagian Awal
a)      Halaman Judul
(a)    Menyertakan logo Universitas Negeri Semarang
(b)   Judul diketik dengan huruf kapital, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda
(c)    Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
(d)   Tahun penulisan
b)      Halaman kulit muka 
(a)   Halaman pengesahan
(b)  Kata pengantar dari penulis
(c)  Daftar isi dan daftar gambar (jika ada)
(d) Ringkasan (bukan abstrak) karya disusun 1 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, simpulan dan rekomendasi.
b)      Bagian Inti
1)        PKM Peneltian
(a) Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang yang mengungkap uraian yang akan diteliti, tujuan khusus, dan keutamaan penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu pengusul. Luaran yang diharapkan dan manfaat dari kegiatan penelitian ini juga harus disajikan pada bab ini.
(b)   Tinjauan Pustaka
Bagian tinjauan pustaka berisi uraian tentang:
(1)   Kondisi kekinian yang menimbulkan gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, penelitian, jurnal ilimiah, imajinasi yang up to date dan relevan);
(2)   Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan. Hal ini menjadi landasan rangkaian hasil yang sudah dikenali dan mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah dari suatu topik ilmiah yang akan dikaji atau diteliti.
(3)   Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan tinjauan pustaka dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya.
c)      Simpulan
Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan mengungkap penelitian yang dilaksanakan, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.
d)     Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style.

2) PKM Kewirausahaan
(a) Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang, alasan mendsari, dan keutamaan yang mengungkap uraian keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha. Diusulkan proses mengidentifikasi peluang usaha termasuk persoalan masyarakat dan kelayakan usaha tersebut. Kewirausahaan ini berorientasi pada laba dan tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam kegiatan yang akan dilaksanakan. Luaran dan manfaat kegiatan juga disajikan pada bab ini.
(b)   Gambaran Umum Rencana Usaha
Bagian tinjauan gambaran umum rencana usaha berisi uraian tentang:
(1)   Kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan usaha (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, penelitian, jurnal ilimiah, imajinasi yang up to date dan relevan);
(2)   Gambaran umum rencana usaha mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha.
(3)   Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan tinjauan pustaka dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya
(c) Simpulan                                      
Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan mengungkap usaha yang direncanakan, luaran, teknik, cara, atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan.
(d)   Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style.

3) PKM Pengabdian Masyarakat
(a) Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan permasalahan kegiatan yang diusulkan. Uraikan kuantitatif potret, profil, dan sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini. Uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi, maupun lingkungan yang relevan. Luaran dan manfaat kegiatan disajikan pada bab ini.
(b) Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
Bagian tinjauan gambaran umum masyarakat sasaran berisi uraian tentang:
(1)   Kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian secara faktual
(2)   Gambaran umum masyarakat sasaran yang membutuhkan bantual penyelesaiannya.
(3)   Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan tinjauan pustaka dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya
(c)    Simpulan 
                                    Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan mengungkap usaha yang direncanakan, luaran, teknik, cara, atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan tujuan program pengabdian masyarakat dilaksanakan.
(d)   Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style.

4)   PKM Penerapan Teknologi
(a) Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan proses dalam mengidentifikasi masalah mitra yang akan dicari solusinya. Uraikan kuantitatif potret, profil, dan sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini. Uraikan kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi, maupun lingkungan yang relevan. Uraikan pula secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi mitra yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini.  
(b) Tinjauan Pustaka
Bagian tinjauan pustaka berisi uraian tentang:
(1)   Kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, penelitian, jurnal ilimiah, imajinasi yang up to date dan relevan)
(2)   Tinjauan pustaka berisi gambaran tentang potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang sudah ada secara singkat untuk menunjukkan sumbangsih penerapan teknologi yang diusulkan.
(3)   Uraikan pada aspek mana bantuan teknologi yang ditawarkan diyakini akan mampu meningkatkan kinerja mitra, misalnya mutu bahan baku, prototip, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain atau aspek-aspek manajemen yang mencakup pemasaran, pembukuan atau status usaha.
(4)   Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan tinjauan pustaka dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya.
(c) Simpulan                                      
Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan mengungkap usaha yang direncanakan, luaran, teknik, cara, atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan program.
(d)   Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style.

5)      PKM Karsa Cipta
(a) Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya yang merujuk pada berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis lain yang pernah melakukan pemabahasam topik yang terkaitt. Uraikan kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi, maupun lingkungan yang relevan. Uraikan secara singkat pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan mampu memberikan nilai ataumanfaat jangka panjang kepada pihak sasaran. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan disajikan pada bab ini.

(b) Tinjauan Pustaka
Bagian tinjauan pustaka berisi uraian tentang:
(1)   Kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, penelitian, jurnal ilimiah, nalar, karsa, dan imajinasi yang up to date dan relevan)
(2)   Tinjauan pustaka berisi gambaran tentang potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang sudah ada secara singkat untuk menunjukkan sumbangsih penerapan karsa cipta yang diusulkan.
(3)   Uraikan literatur yang memiliki keterkaitan dengan ide atau gagasan yang ditawarkan dan jika ada kemiripan, pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan memiliki perbedaan atau keunikan. Karsa cipta yang ditawarkan harus bersifat konstruktif dan mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang yang memiliki daya guna yang jelas.
(4)   Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan tinjauan pustaka dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya.
c)      Simpulan 
      Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan mengungkap usaha yang direncanakan, luaran, teknik, cara, atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan program.
(e)    Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style.

6)             Lampiran-lampiran
(a)      biodata ketua serta anggota kelompok minimal mencakup :
(1) nama lengkap
(2) tempat dan tanggal lahir
(3) karya-karya ilmiah yang pernah dibuat
(4) penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih
(b)   biodata dosen pendamping
(c) lain-lain jika diperlukan, seperti: foto atau dokumentasi, data, dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

10. TATA TERTIB
a.       Umum
1)      Peserta wajib memakai atasan bebas, sopan,  berkerah dan bawahan hitam panjang nonjeans (rok untuk perempuan dan celana untuk laki-laki) serta jas almamater Unnes.
2)      Setiap peserta wajib hadir 15 menit sebelum perlombaan dimulai
3)      Peserta hadir pukul 07.30 WIB di gedung dekanat FBS untuk daftar ulang dan persiapan lomba dengan menunjukan bukti pendaftaran/bukti penyetoran (jika melakukan pembayaran melalui bank).
4)      Peserta wajib menandatangani daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
5)      Peserta wajib mengikuti serangakaian acara dari awal hingga selesai.
6)      Peserta yang tidak hadir dan tidak memberikan konfirmasi kepada panitia, akan didiskualifikasi.
7)      Seluruh perlombaan dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
8)       Peserta dan juri dilarang merokok di dalam area perlombaan.
9)      Peserta yang tidak mengikuti lomba diizinkan melihat atau menonton jalannya perlombaan dengan ketentuan:
- Alat komunikasi harap dimatikan atau modus diam
- Dilarang membuat kebisingan atau kegaduhan
- Dilarang keluar masuk ruangan
b.      Tata Tertib Peserta Selama Pertandingan
1)      Setiap peserta dilarang mengunakan bahasa kasar, tidak senonoh dan atau menyinggung SARA.
2)      Setiap peserta dilarang melakukan tindakan yang dapat mengganggu konsentrasi peserta lain selama pertandingan.
3)      Pelanggaran terhadap ketentuan di atas mengakibatkan pengurangan skor.

11.     KETENTUAN PENUTUP
                 Peraturan ini berlaku dan mengikat seluruh peserta sejak ditetapkan.

       12.     INFORMASI LEBIH LANJUT
Untuk informasi lebih lanjut:
a.       Facebook                     : Hima BSI Unnes
b.      Twitter                         : @HimaBSI Unnes
c.       Anita Rachmawati      : 089650722630
d.      Blog                             : bsi-unnes.blogspot.com
e.       Email Hima                 : hima-bsi@yahoo.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Juknis Lomba Pidato Semarak Indonesia 2015

Juklak Juknis Lomba Mendongeng Semarak Indonesia 2015