Juklak Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia Semarak Indonesia 2015
PETUNJUK
TEKNIS DAN PETUNJUK PELAKSANAAN
LOMBA
DEBAT BAHASA INDONESIA SEMARAK INDONESIATAHUN 2015
TINGKAT
SMA/MA/SMK
SE-JAWA
TENGAH
1.
KETENTUAN
UMUM
a.
Semarak
Indonesia 2015,
adalah rangkaian kegiatan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang meliputi berbagai
perlombaan di bidang Bahasa dan Sastra
Indonesia, yang diselenggarakan oleh Departemen Bakat dan Seni Himpunan
Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.
b.
Lomba
debat bahasa Indonesia adalah bagian dari rangkaian lomba pada kegiatan
Semarak Indonesia.
c.
Tim
adalah tim yang terdiri atas 3 (tiga) pemain dan satu cadangan yang telah mendaftarkan diri, dan tercatat sebagai tim
oleh panitia.
d.
Pernyataan topik (mosi) adalah topik yang akan diberikan panitia
untuk diperdebatkan oleh tim.
e.
Setiap pertandingan menggunakan sistem
grup, di mana tiap grupnya terdiri atas tiga tim, yaitu tim pendukung, tim
penyanggah, dan tim netral.
f.
Tim pendukung adalah tim yang setuju terhadap pernyataan
topik debat dan bertugas memberikan
argumentasi untuk mendukung pernyataan topik tersebut.
g.
Tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju terhadap pernyataan topik
debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang pernyataan topik
tersebut.
h.
Tim netral adalah tim yang memberikan argumen
dua sisi, baik dukungan maupun sanggahan yang disertai dengan kondisi atau
syarat yang menyertainya terhadap suatu pernyataan topik.
i.
Pembicara
adalah salah satu tim yang sedang memaparkan argumennya.
j.
Moderator
adalah salah satu panitia yang bertugas memfasilitasi jalannya perdebatan,
sekaligus mengawasi jalannya lomba.
k.
Pencatat
waktu adalah salah satu panitia yang bertugas mengawasi alur waktu dalam perdebatan.
l.
Dewan
juri adalah pihak yang memunyai kewenangan untuk
memberikan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba.
m.
Penilaian
adalah hasil pengamatan dewan juri terhadap jalannya perlombaan
dengan memperhatikan kriteria yang
telah ditetapkan panitia, penilaian berbentuk skor yang diberikan selama debat berlangsung.
n.
Evaluasi
verbal adalah pertimbangan-pertimbangan penilaian dewan juri mengenai hasil debat yang disampaikan secara verbal
setelah
babak perdebatan selesai.
o.
Penyusunan
argumen adalah waktu yang diberikan pada tim sebelum debat dimulai untuk
mempersiapkan materi serta argumen yang akan diperdebatkan.
p.
Pendukung
adalah pihak selain tim dan panitia yang hadir bersama tim berdasarkan persetujuan panitia.
2. PENDAFTARAN
a.
Kontribusi setiap tim adalah Rp
175.000,00.
b.
Masa
pendaftaran dimulai
pada Rabu, 7 Oktober 2015 s.d. Selasa, 3 November 2015.
c.
Pendaftaran
lomba:
1)
Pendaftaran
bertempat di sekretariat Semarak Indonesia, PKM Hima Bahasa dan Sastra
Indonesia pada hari Senin s.d. Jumat pukul
09.00-16.00 WIB atau dapat juga mendaftar melalui nomor sekretariat
Semarak Indonesia di 085726150970
Verawati Fajrin.
2)
Tempat pembayaran langsung di PKM Hima Bahasa dan Sastra Indonesia
kompleks PKM FBS kampus Unnes Sekaran, Gunungpati setiap hari Senin s.d.
Jumat pada jam kerja pukul 09.00-16.00 WIB atau transfer melalui rekening
BNI dengan nomor rekening 0306126267 atas nama Nur Hanifah (apabila
melakukan transaksi melalui bank, pada slip pembayaran, di bagian keterangan
diharapkan menuliskan nama pendaftar, mata lomba, dan asal sekolah. Atau bisa
meminta kepada teller untuk menuliskan keterangan tersebut pada slip pembayaran).
Setelah melakukan pembayaran, diharapkan konfirmasi ke nomor sekretariat
Semarak Indonesia 085740724975 dengan format: Mata Lomba_Nama
Sekolah_Atas Nama Rekening _Nominal. Contoh: Lomba Debat_SMA Negeri 1 Semarang_ Dhea Rizka Noor
Aliefta_80
3. PETUNJUK TEKNIS
a.
Tim lomba merupakan siswa-siswi SMA/ MA/ SMK se-Jawa Tengah.
b.
Setiap
sekolah hanya diperkenankan mendelegasikan satu tim. Tiap tim terdiri
atas tiga orang tim, satu cadangan, dan satu orang guru pendamping.
c. Tim hadir pukul 07.15 WIB di gedung B1 ruang 106 FBS Unnes untuk daftar ulang
dan menunjukan bukti pendaftaran atau bukti pembayaran (jika melakukan
pembayaran melalui Bank).
d. Tim wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh
panitia.
e. Tim wajib mengenakan nomor urut tim yang disediakan oleh
panitia.
f. Urutan penampilan lomba ditentukan berdasarkan hasil
undian yang telah dilaksanakan panitia pada saat daftar ulang.
g. Tim harus hadir di ruang perlombaan 15 menit sebelum
acara dimulai.
h. Tim yang dipanggil tiga kali, tetapi tidak menampilkan
diri tanpa keterangan yang jelas dianggap gugur.
i.
Tim
akan mendapatkan nomor dada pada saat melakukan daftar ulang.
j.
Setiap
tim berhak mendapat sertifikat. Bagi pemenang juara I, II, dan III akan mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang pembinaan.
4.
PETUNJUK
PELAKSANAAN
Lomba
dilaksanakan pada:
hari,
tanggal : Sabtu, 7 November 2015
waktu : 07.30 WIB s.d. selesai
tempat : gedung B1 FBS Unnes
A. SISTEMATIKA LOMBA
Lomba terdiri atas 3 (tiga) babak pertandingan, yaitu
a.
Babak
Penyisihan
b.
Babak
Semifinal
c.
Babak
Final
a) Babak
Penyisihan
1)
Babak
penyisihan terdiri atas 1 (satu) kali pertandingan debat.
2)
Panitia
akan mengumumkan lawan dari tiap-tiap tim sebelum pertandingan
dimulai.
3)
Tim dengan urutan nilai tertinggi pada tiap grup dapat melanjutkan ke babak semifinal.
4)
Urutan nilai ditentukan berdasarkan skor masing-masing tim.
5)
Jika
terdapat nilai skor yang sama, urutan nilai ditentukan berdasarkan margin (rentang nilai).
6)
Jika
terdapat kesamaan skor, dan margin
(rentang nilai) maka urutan nilai ditentukan berdasarkan pendapat juri.
b) Babak
Semifinal
1)
Tim yang lolos dari babak penyisihan akan kembali bertanding di babak
semifinal.
2)
Urutan lawan akan ditentukan berdasarkan urutan
nilai.
3)
Tiap
tim pemenang pertandingan pada babak ini dapat melanjutkan lomba ke babak final.
c) Babak
Final
1)
Tim yang lolos dari babak semifinal akan kembali bertanding di babak final. Adapun
tiga tim yang lolos ini ialah pemenang tiap grup.
2)
Pemenang (juara I, juara II, dan juara
III) ditentukan berdasarkan urutan nilai tertinggi.
B. SISTEM LOMBA
1)
Tema debat adalah “Menumbuhkan
Rasa Nasionalisme dengan Bahasa Indonesia”
2)
Sistem
debat yang digunakan dalam lomba ini adalah sistem debat
nusantara mulai dari babak
penyisihan sampai dengan babak final.
3)
Pilihan pernyataan topik akan ditentukan melalui undian.
4)
Pada setiap pertandingan akan terdapat 3 (tiga) tim, yang akan terbagi menjadi tim pendukung, tim penyanggah, dan tim netral.
5)
Tim pendukung memiliki tugas sebagai
berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Memberikan argumen pendukung terhadap pernyataan topik yang didukung oleh
teori, data, dan fakta.
-
Memberikan respons balik terhadap argumen sanggahan yang diberikan pihak
penyanggah dan menguatkan argumen
pendukung terhadap pernyataan topik dengan memberi bukti atau contoh.
-
Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
6)
Tim penyanggah
memiliki tugas sebagai berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Memberikan argumen sanggahan terhadap pernyataan topik yang didukung oleh
teori, data, dan fakta.
-
Memberikan respons balik terhadap argumen pihak pendukung berupa kritik
dan saran.
-
Menjawab pertanyaan dari pihak netral.
7)
Tim netral
memiliki tugas sebagai berikut.
-
Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan
sopan serta disertai dengan yel-yel.
-
Menyampaikan
analisis terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung maupun pihak
penyanggah.
-
Menyampaikan
pertanyaan kepada pihak pendukung maupun pihak penyanggah.
-
Menyampaikan
simpulan terhadap argumen yang disampaikan oleh pihak pendukung dan pihak
penyanggah.
8)
Penentuan
tim pendukung,
tim penyanggah, dan tim netral akan dilakukan sebelum pertandingan dimulai.
9)
Tiap-tiap
tim memiliki tiga pembicara.
10)
Ketiga
pembicara terdiri atas pembicara pertama, pembicara kedua, dan pembicara
ketiga.
C. MEKANISME DEBAT
a.
Babak
Penyisihan, Semifinal, dan Final
1)
Tim
diberi waktu 24 (dua puluh empat) menit untuk melakukan penyusunan argumen
setelah pengumuman pernyataan topik diumumkan panitia. Pada saat penyusunan
argumen, tiap-tiap tim tidak diperkenankan membuka buku referensi, catatan,
majalah, menggunakan
perangkat elektronik dalam bentuk apapun untuk berkomunikasi, bekerja sama
dengan pihak luar dan atau menjelajah internet pada saat penyusunan argumen dan
debat berlangsung.
2)
Alur debat diatur sebagai berikut.
a.
Masing-masing tim menyampaikan salam perkenalan
beserta yel selama tiga menit.
b.
Tim pendukung menyampaikan argumennya
selama 3 menit.
c.
Tim penyanggah menanggapi selama 3 menit.
d.
Tanggapan dari tim pendukung selama 2
menit.
e.
Tanggapan dari tim penyanggah selama 2
menit.
f.
Tim netral menanggapi dan menyampaikan
pertanyaan kepada tim pendukung selama 2 menit.
g.
Tim pendukung menanggapi selama 2 menit.
h.
Tim netral menanggapi dan menyampaikan
pertanyaan kepada tim penyanggah selama 2 menit.
i.
Tim penyanggah menanggapi selama 2 menit.
j.
Debat ditutup dengan analisis dan simpulan
yang disampaikan oleh tim netral selama 3 menit.
k.
Adapun ketentuan waktu debat sebagai berikut.
a)
Penghitung waktu mengetuk satu kali sebagai tanda bahwa
penyampaian argumen telah berlangsung selama 2 menit,
dan dua kali ketukan sebagai tanda waktu telah selesai
dan tim harus menghentikan argumennya.
3)
Jika
pembicara masih tetap memaparkan argumennya sementara waktu yang diberikan telah habis, argumen tersebut tidak akan
dinilai oleh Dewan Juri.
5.
PENILAIAN
1. Penilaian juri didasarkan pada tiga aspek.
a.
Isi materi yang disampaikan
b.
Sikap tubuh, penguasaan bahasa, waktu
c.
Sistematika argumen, penyajian materi
2. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
6.
PENJURIAN
1)
Dewan
juri terdiri atas dosen dan praktisi Bahasa
Indonesia.
2)
Semua
perdebatan dalam lomba ini akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
3)
Putusan
dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
4)
Penjurian
akan dilakukan dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu materi, sikap, dan
metode.
5)
Dewan
juri memiliki waktu 10 menit (sepuluh) menit untuk memberikan penilaian
dan keputusan pada tiap akhir babak pertandingan debat.
6)
Selama
dewan
juri melakukan
penilaian, tim dipersilakan menunggu di luar ruangan pertandingan.
7)
Dewan
juri dapat memberikan evaluasi verbal selama maksimal 5
(lima) menit setelah menentukan pemenang.
8)
Evaluasi
verbal sebagaimana dimaksud dalam butir (7) hanya diberikan pada babak
penyisihan dan semifinal.
9)
Jika tim ingin meminta evaluasi verbal lebih lanjut, dapat meminta secara
personal ke Juri di luar waktu yang dialokasikan.
7.
PERNYATAAN
TOPIK
a.
Daftar
pernyataan topik untuk tim akan diberikan pada tanggal 21
Oktober 2015 di http://bsi-unnes.blogspot.com.
b.
Pernyataan
topik akan diambil dari daftar pernyataan topik.
c.
Pada
babak semifinal
dan babak final menggunakan pernyataan
topik impromtu (serta-merta).
d.
Pernyataan
topik yang telah ditentukan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
8.
TATA
TERTIB
a.
Umum
1)
Pakaian tim adalah seragam OSIS lengkap dan bersepatu.
2)
Setiap
tim wajib hadir 15 menit sebelum pertandingan dimulai untuk melakukan pendaftaran ulang.
3)
Tim
hadir pukul 07.00 WIB di Gedung B1 106 FBS-Unnes untuk daftar ulang dan
persiapan lomba dengan menunjukan bukti pendaftaran/bukti penyetoran (jika
melakukan pembayaran melalui bank).
4)
Tim
wajib menandatangani daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia.
5)
Tim wajib mengikuti upacara pembukaan lomba.
6)
Tim wajib
mengikuti seluruh acara lomba debat Bahasa Indonesia.
7)
Seluruh
perlombaan dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
8)
Setiap
Tim dilarang menggunakan perangkat elektronik maupun buku
referensi selama penyusunan
argumen dan debat berlangsung.
9)
Setiap
Tim dilarang berkomunikasi mengenai pernyataan topik dalam bentuk apapun dengan
pihak lain diluar rekan timnya selama penyusunan argumen.
10) Setiap tum yang terbukti melanggar ketentuan butir (5), (6) dan (7) akan didiskualifikasi dalam
pertandingan babak tersebut.
11) Setiap tim harus memberitahukan urutan pembicara dalam
memaparkan argumen kepada moderator sebelum pertandingan dimulai.
b.
Tata
Tertib Tim Selama Pertandingan
1)
Setiap
tim dilarang melakukan serangan secara pribadi terhadap tim lainnya selama
pertandingan.
2)
Setiap
tim dilarang menggunakan bahasa kasar, tidak senonoh, dan atau mengandung unsur SARA.
3)
Setiap
tim dilarang melakukan tindakan yang dapat mengganggu konsentrasi tim lain
selama pertandingan.
4)
Anggota
tim pembicara dapat memberikan sinyal kepada pembicara yang sedang memaparkan
argumen sepanjang sinyal tersebut tidak mengganggu jalannya perdebatan.
5)
Pembicara
dilarang berkomunikasi verbal dengan rekan timnya selama memaparkan argumennya.
6)
Selama
pertandingan berlangsung, tim yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk
melakukan diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan.
7)
Tim
tidak diperkenankan menyampaikan interupsi selama debat berlangsung.
8)
Pelanggaran
terhadap ketentuan di atas mengakibatkan pengurangan skor.
c.
Pendukung
1)
Jumlah
pendukung tim yang diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya pertandingan
sebanyak-banyaknya adalah 5 (lima) orang.
2)
Pendukung
dilarang mengganggu jalannya pertandingan.
3)
Pendukung
dilarang keluar masuk ruangan lomba, sepanjang pembicara sedang memaparkan
argumennya.
4)
Pendukung
yang melanggar ketentuan ayat (2), (3), dan (4) akan diberikan peringatan
hingga dua kali, jika peringatan diabaikan maka pendukung tersebut akan
dikeluarkan dari ruangan lomba.
9.
KETENTUAN
PENUTUP
Peraturan
ini berlaku dan mengikat seluruh tim sejak ditetapkan.
10. INFORMASI LEBIH LANJUT
Untuk informasi lebih lanjut:
1.
Facebook : Hima BSI Unnes
2.
Twitter : @HimaBSI
Unnes
3.
Verawati
fajrin : 085726150970
4.
Blog : bsi-unnes.blogspot.com
5.
Email
Hima : hima-bsi@yahoo.com
Komentar
Posting Komentar